Lomba Menganyam dan Voli Daster di Padukuhan Kaliwaru oleh KKN UGM dan UKDW

Arif budianto 20 Agustus 2023 22:35:16 WIB

Mahasiswa KKN asal Universitas Gadjah Mada dan Universitas Kristen Duta Wacana telah melewati 30 hari masa pengabdian di Padukuhan Kaliwaru, Kelurahan Kampung, Kapanewon Ngawen. Berbagai program kerja telah terlaksana, seperti bimbingan belajar, skrining kesehatan, penyuluhan dengan kelompok tani, hingga sosialisasi keuangan dan kewirausahaan di setiap RT, dan lainnya. Pada 1 Agustus mendatang, mahasiswa KKN dari UKDW akan segera melakukan upacara penarikan di Kantor Kapanewon yang berarti masa pengabdian mereka juga akan segera berakhir.

Sebelum itu, Sumarlan selaku Dukuh Kaliwaru sekaligus pengampu mahasiswa KKN, menyampaikan bahwa para mahasiswa hendaknya mengadakan suatu kegiatan yang membekas bagi masyarakat nantinya. Setelah melewati diskusi dan perbincangan yang matang dengan pihak pemuda, mahasiswa KKN dari kedua kampus sepakat mengadakan lomba sebelum ditarik kembali oleh pihak kampus. Lomba yang diadakan adalah lomba menganyam dengan media kertas untuk ibu-ibu dan voli daster untuk bapak-bapak.

Rangkaian lomba diadakan pada 28-30 Juli 2023. Lomba menganyam diadakan pada 28 Juli di halaman rumah Pak Dukuh Kaliwaru. Lomba menganyam ini menggunakan media kertas, bukan bambu. Untuk menentukan pemenang, mahasiswa KKN bekerja sama dengan Pak Sutikno, pengrajin bambu paling berpengaruh di Padukuhan Kaliwaru. Aspek yang dinilai untuk kerajinan tangan mereka adalah kerapian, kreativitas, dan perpaduan. Untuk media anyam sendiri, mahasiswa KKN mengaku sengaja memilih kertas sebagai media untuk mengukur keterampilan tangan ibu-ibu di Kaliwaru yang biasa menganyam dengan bambu yang sudah kaku. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi ibu-ibu dalam menganyam dengan waktu 1 jam.

Pada hari selanjutnya, lomba voli daster untuk bapak-bapak akan dimulai dengan babak penyisihan antar RT. Lomba ini dilaksanakan di Balai Padukuhan Kaliwaru pada jam 15.00 sore selama dua hari berturut-turut. Pada hari pertama (29/7/2023), RT 4 akan melawan RT 3 dan RT 1 akan melawan RT 2. Pada hari kedua (30/7/2023), dilaksanakan pertandingan final dengan agenda perebutan juara.

Sebelum perlombaan tersebut dilaksanakan, acara secara formal dibuka oleh pembawa acara, yakni Kiki Salwa dari KKN UGM. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Pak Dukuh Sumarlan. Setelah itu, perwakilan masing-masing mahasiswa dari KKN UGM dan UKDW yang diwakili oleh Annisa Rifka dan Ivan Pradipta menyampaikan sambutan atas respons positif masyarakat terhadap kegiatan ini. Tak lupa, mereka menyampaikan bahwa terselenggaranya acara ini bukan hanya inisiatif dari mahasiswa KKN saja, melainkan juga semangat dan antusias para pemuda yang ditunjukkan sejak hari kerja bakti. Diskusi demi diskusi yang berjalan menghasilkan rencana kegiatan yang matang dan kegiatan dapat terlaksana dengan baik. Selain ditujukan pada penyambutan Hari Kemerdekaan pada Agustus mendatang, kegiatan ini juga bertujuan sebagai upaya menyatukan dan memupuk rasa kekeluargaan di Kaliwaru.

 

Penulis: Annisa Rifka Nurwijaya, Fakultas Ilmu Budaya UGM

Foto: Gayu Setiawan, Fakultas Bisnis UKDW

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar