PELAKSANAAN PENDATAAN SOSIAL EKONOMI DI KALURAHAN KAMPUNG KAPANEWON NGAWEN

Arif budianto 15 Juli 2024 13:57:50 WIB

Pemerintah Kapanewon Ngawen Kabupaten Gunungkidul bekerjasama dengan Bappeda Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan Sosialisasi Pendataan Sosial Ekonomi Kalurahan Tahun 2024 dengan tujuan untuk menyamakan persepsi dan langkah antara Lurah, Pamong Kalurahan dan semua elemen yang terlibat sehingga pelaksanaan Pendataan Sosial Ekonomi dapat berjalan lancar dan menghasilkan data sosial ekonomi yang valid.

Pada Kesempatan ini Narasumber dari Bappeda Menyampaikan bahwa Pendataan Sosial Ekonomi ini selaku penyelenggara Kegiatan adalah Pemerintah Kabupaten Gunungkidul atas Dawuh Ngarsodalem Sri Sultan Hamengkubuwono X selaku Gubernur dan di Dadanai dari Dana Keistimewaan dengan tujuan untuk memperoleh data yang Valid tetang kondisi sosial Ekonomi di DIY karena angka kemiskinannya cukup tinggi. Setelah memperoleh data yang valid tentang kondisi sosial ekonomi di DIY tentu akan menjadi bahan pengambilan kebijakan oleh Pemerintah baik dari Pemerintah Kalurahan, Kabupaten, Pemda DIY dan Pemerintah Pusat maupun pihak lain terkait.

Bappeda Gunungkdul selaku Pembina dalam Pendataan ini memberikan Pelatihan kepada petugas yang telah ditunjuk yang akan dilakukan sekitar bulan Juni dan untuk Pelaksanaan pendataan akan dilakukan pada 1 Juli 2024 s/d 31 Agustus 2024. Pendataan akan dilakukan di 17 Kapanewon di Gunungkidul, karena yang satu Kapanewon yakni Kapanewon tepus telah dijadikan sempel pendataan pada tahun 2021 dan cukup sukses pelaksanaannya.

Kabupaten Gunungkidul merupakan Kabupaten pertama di DIY yang pelaksanaan pendatannya akan dilakukan di seluruh Kapanewon yang ada di Gunungkidul. Pendataan dilakukan dengan menggunakan HP Android dengan syarat minimal Android 10 dan RAM nimimal 4 GB sehingga akan mempercepat dan mempermudah pendataan.

Kepada semua pihak yang hadir dalam sosialisasi ini agar menyampaikan informasi ini kepada masyarakat terkait dengan Pendataan Sosial Ekonomi ini sehingga masyarakat bisa menerima dan melayani petugas Pendata dengan memberikan informasi yang sejujur jujurnya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar