KARNAVAL PEMBANGUNAN DALAM RANGKA PERINGATAN HUT RI KE-79

Arif budianto 22 Agustus 2024 09:57:04 WIB

Kampung 18/08/2024 Ada yang menarik pada pelaksanaan Karnaval Pembangunan Tahun (HUT) ke-79 RI di Lapangan Gantiwarno, Kampung, Ngawen, Gunungkidul, kemarin. Peserta Karnaval Pembangunan ada yang mengenakan Pakaian Adat dari seluruh daerah di Indonesia. Kehadiran Bapak Bupati Gunungkidul Bpk. H. Sunaryanta yang sekaligus menjadi pengibar bendera start upacara mengenakan pakaian adat Jawa.

Pengenaan pakaian adat merupakan bentuk penghormatan dan rasa cinta terhadap Negara Indonesia, yang berbudaya yang beragam, dan wujud Implementasinya salah satunya dengan mengenakan pakaian adat dari seluruh daerah.

Pakaian adat merupakan identitas bangsa yang wajib dikenal oleh masyarakat. Apalagi, dari awal kemerdekaan pembangunan, sumber daya manusia dan perekonomian masyarakat semakin membaik. Salah satunya di wilayah Gunungkidul, kemerdekaan yang sudah dirasakan selama 79 tahun ini harus dapat diisi dengan pembangunan fisik, sumber daya manusia. Sehingga dari waktu ke waktu bisa menjadi lebih baik lagi.

Bapak Bupati mengimbau kepada warga Gunungkidul untuk ikut serta menyemarakkan HUT ini. Dalam perayaannya, harus memiliki makna nasionalis, bermakna bagi bangsa dan negara serta semaksimal mungkin.

Dalam acara Karnaval Pembangunan yang diikuti Se-Kapanewon Ngawen, menampilkan berbagai elemen budaya tradisional seperti parade yang melibatkan masyarakat setempat, pertunjukan seni, musik, dan tarian. Ada juga berbagai pameran kerajinan lokal yang melibatkan warga dari berbagai usia. Karnaval ini merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk menunjukkan kreativitas serta melestarikan dan merayakan warisan budaya. Setelah selesai parade karnaval, panitia langsung memberikan penilaian. Dan hasilnya Kalurahan Kampung meperoleh nilai tertinggi kategori Kelompok Umum dengan total nilai 1.165, diikuti Kalurahan Tancep dengan total nilai 970, dan diperingkat ketiga Kalurahan Beji dengan total nilai 880.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar